Skip to main content

Besar atau kecil kegiatan budidaya harus selalu diperhitungkan

Eksportir bisa mengelola melalui pinjaman Bank atau kerjasama dengan mitra Bab 1X Qnalisis Vaaha Tani jahe Setiap kegiatan budidaya punya arah sebagai aktivitas bisnis.

an Bisnis yang mengandalkan komoditas pertanian disebut deng agribisnis.

Petani menanam sayur-sayuran, padi, dan tanaman lain tentu bertujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Dalam skala besar, pengusaha membangun perkebunan teh, perkebunan kopi, atau perekebunan kelapa sawit sebagai usaha memperoleh penghasilan.

Salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertanian, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) membangun lahan di sepanjang nusantara juga untuk ajang bisnis dengan memanfaatkan sumber daya pertanian di Indonesia.

lihat juga : Paket wisata LA MAISON ARABE Marrakech, Maroko

Besar atau kecil kegiatan budidaya harus selalu diperhitungkan.


Jutaan hektar maupun hanya beberapa ratus meter persegi harus menghitung mengenaipembiayaannya.Manfaat paling sederhananya untuk mengetahui pengeluaran (input) dan pemasukan (output).

Apakah kegiatan budidaya untung, rugi, atau impas? Dalam analisis usaha tani, tentu akrab dengan biaya produksi seperti benih, pupuk, pestisida, sewa alat, sewa tanah, biaya tenaga kerja, serta biaya keperluan-keperluan lain.

Selanjutnya akan dihitung atan petani, keuntungan, benefit per cost ratio (B/C ratio), dan break event point (BEP) Benefit per cos t per cost ratio (B/C ratio) bisa juga diartikan perbandingan endapatan (output) dengan pengeluaran (input).

Dari shitungan B/C ratio bisa diketahui kelayakan suatu kegiatan ha Untuk mencari B/C ratio, bagi atau bandingkan banyaknya endapatan dengan pengeluaran.

Jika hasilnya Jika hasilnya >1 maka kegiatan usaha Jika hasilnya 1 bisa dikatakan impas.
Tapi, untuk kegiatan budidaya sekiranya B/C ratio 1 bisa dikatakan rugi.
Karena meski usaha.

pe pendapatan dan pengeluaran seimbang, tapi sudah rugi waktu.
Manfaat menghitung break event point (BEP), yakni untuk mengetahui titik impas kegiatan usaha budidaya dan usaha lain.

Titik impas tersebut diperoleh dengan menentukan harga jual yang pas terhadap jumlah produk yang dihasilkan.

Selain itu, titik impas juga diperoleh dengan menghitung jumlah produksi yang harus dihasilkan Karena penghitungan BEP perlu dijabarkan dengan rumus, maka akan dibahas di bagian selanjutnya sekaligus mencari titik impas budidaya jahe berdasarkan hasil di lapangan.

1.Analisis usgha Budidaya Jahe secara Monokultur Ada tiga jenis jahe yang biasa dibudidayakan yaitu jahe gajah, jahe merah, dan jahe emprit.

Jahe gajah mampu berproduksi 15-25 ton dan jahe emprit 10-15 ton

Ketiganya memiliki hasil produksi berbeda- beda sesuai ukuran rimpang.
Jahe gajah dengan ukuran rimpang paling besar hasil produksinya lebih banyak ketimbang jahe merah dan jahe emprit.

Jahe gajah mampu berproduksi 15-25 ton dan jahe emprit 10-15 ton

Penghitungan analisis usaha kali ini merujuk berdasarkan di lapangan, yang membudidayakan jahe emprit.
Berikut ini analisis usaha tani budidaya jahe emprit secara monokultur.
Skala kegiatan budidaya seluas 1 Ha.

Produksi diasumsikan sebanyak 10 ton atau 10.000 Kg, dengan kisaran harga jual Rp 15.000,- per kg. Budidaya Jahe Emprit Pengeluaran (input) Biaya Tetap (fixed cost) a.

Sewa tanah luas 1 Ha Rp 6.000.000, Rp 1.500.0oo, Rp 650.000,+ .Sewa gudang Biaya penyusutan alat subtotal Rp 8.150.000, ya Tidak Tetap (Variable cost) Bbit 1,500 kg (1,5 ton) @Rp 25,000, Rp 37500.000, Pupuk Organik 20 ton @Rp 500.000,-Rp 10.000.000, Anorganic 1 ton (Za Bersubsidi) @Rp 1.400,/kg Herbisida 11 Bia Rp 1.400.0oo, Rp 90.000, .

Insektisida 3 kg@Rp 100.000, Rp 30o.000,- .

Fungisida 3 kg @Rp 126.000, Rp 378.0oo, .

Tenaga Kerja 500 HOK@Rp 40.000, Rp 20.000.000, Subtototal Rp 69.668.000,- Input total # Biaya tetap + Biaya tidak tetap - Rp 77.818.000, 2 Pendapatan Petani (output) Cara menghitung untuk mencari pendapatan petani yaitu: Hasil produksi x Harga jual-10.000 KgxRp15.000, Rp150.000.000, Laba Bersih Cara menghitung untuk mencari laba bersih yaitu: Pendapatan petani-Pengeluaran (Rp 150.00o.000,-) -(Rp 77.818.000,Rp 72.182.000,- 4 Benefit per cost ratio (B/C ratio) Seperti yang sudah dibahas di bagian sebelumnya, B/C ratio adalah perbandingan antara output dengan input.

Jika lebih dari 1, maka usaha dikatakan untung atau layak.
Jika sama atau kurang dari 1, maka usaha dikatakan rugi atau tidak layak.

Comments

Popular posts from this blog

Aqiqah Bandung : Panci Instan: Inilah Kenapa Cooks Menyukainya

Panci Instan: Inilah Kenapa Cooks Menyukainya Orang-orang telah jatuh cinta dengan Pot Instan mereka. Mereka mungkin menyukai blender mereka, menghargai slow cooker mereka dan membutuhkan pengolah makanan mereka. Tapi Instan Pot - alat yang menggabungkan pressure cooker listrik, slow cooker, penanak nasi dan pembuat yogurt dalam satu unit praktis - mengirim bahkan koki yang santun ke dalam gairah. Anda menemukan kata "L" berulang-ulang dalam 15.000 atau lebih ulasan produk di Amazon. Dan jika Anda mengklik ke halaman komunitas Facebook Instant Pot, Anda akan menemukan lebih dari 360.000 anggota berbagi kasih sayang abadi bersama dengan resep masakan mereka untuk cabai. (Posting biasa: "Aku berselingkuh. Suamiku berkata dia berharap dia tidak akan pernah memberiku Pot Instan untuk Natal.") Jika Anda seorang koki dan berhasil melewati tahun lalu tanpa menabrak orang-orang yang tidak bisa berhenti berbicara tentang Pot Instan mereka - atau kompor tekanan l

Bagaimana SEO Dapat Membantu Merek bisa Sukses

Bagaimana SEO Dapat Membantu Merek Membuat Kisah Sukses Untuk merek apa pun untuk makmur, visibilitas adalah kunci. Pendiri, oleh karena itu, memberikan arti penting media sosial ketika mencoba untuk membangun merek mereka. Optimisasi mesin pencari biasanya merupakan renungan bagi banyak orang. Mengapa tidak mendorong keduanya secara bersamaan dari awal? Sebuah laporan Februari oleh platform penemuan dan berbagi sosial yang berbasis di AS Shareaholic mengatakan pada tahun 2017 Google mengungguli Facebook sebagai pengarah rujukan lalu lintas teratas, dengan pencarian mendorong 34,8 persen kunjungan situs dibandingkan dengan 25,6 persen dari sosial. “Mayoritas lalu lintas Web didorong oleh mesin pencari komersial utama: Google, Bing dan Yahoo !. Meskipun media sosial dan jenis lalu lintas lainnya dapat menghasilkan kunjungan ke situs web Anda, mesin pencari adalah metode navigasi utama bagi sebagian besar pengguna Internet. Ini benar apakah situs Anda menyediakan konten, layan

Catering : Trik resep membuat Nacho dan Kripik Tortilla

Trik resep membuat Nacho dan Kripik Tortilla Denver Broncos dan Carolina Panthers berhadapan di Super Bowl 50 pada hari Minggu. Koki rumahan akan menyajikan banyak sayap ayam untuk dimakan dengan permainan, tong cabai, nampan barbekyu. Inilah jalan bangsa kita. Beberapa akan berusaha untuk membuat nacho. Ada sejumlah cara untuk melakukannya. Anda bisa melelehkan beberapa pon keju olahan stabil seperti Velveeta, tambahkan sedikit krim ke hasilnya dan percikkan di atas sekantong keripik tortilla favorit Anda. Anda bisa mengocok saus keju, membuat roux tepung dan mentega, lalu membumbui dengan sedikit cabai dan mencairkan beberapa Cheddar ke dalamnya, lalu tuangkan campuran di atas tortilla jagung quartered Anda telah sedikit digoreng dengan minyak kacang. Nacho adalah tarif pregame yang bagus. Tetapi bagi mereka yang tertarik pada masakan Super Bowl yang lebih besar, bagi mereka yang ingin memenuhi permainan dengan kekerasan gustatory untuk mencocokkan apa yang terjadi di lapangan,